TOLONDADU SATU

Sejarah Desa

Berdasarkan cerita orang tua – tua di desa Tolondadu,pada zaman dahulu Desa tolondadu merupakan bagian  wilayah dari kerajaana bolango yang dipimpin oleh seorang raja yang bernama intu. Pada waktu kerajaan ini berdiri, asal usulnya berasal dari ternate yang pada waktu itu diusir oleh kerajaan ternate bersama –sama dengan kerajaan Gorontalo, suwawa, limboto, dan Atinggola.
Kelima suku ini mulai mengadakan perjalanan  untuk mencari tempat yang dapat dijadikan  pemukiman dan tempat penghidupan mereka.
Khusus suku Bolango mengadakan perjalanan Yang Lansung Dipimpin Oleh Rajanya mereka mendarat pertama di Pulou Lembe, yang selajutnya oleh karena tidak betah mereka berpinda ke TonseaLama. Akan tetapi oleh karena sifat suku ini berpinda-pindah maka dari Tonsealama meraka mendakan perjalanan menuju wilayah selatan yang kemudian melewati sebuah sungai dan Kemudian Raja Suku ini menetapkan agar mereka menetap di situ, dengan kata Disini Saja kita menetap yang dalam bahasa Bolango ONONADO  (Disini Saja ) kemudian dengan kata “ononado” agak sulit dalam pengucapannya, maka kata itu dirubah “ TOLONDADU” yang artinya Tunggu Disini ,.
Desa Tolondadu secara resmi berdiri atau mempunyai Pemerintahan pada tahun 1905 dan telah mengalami perpindahan lokasi Pemukiman sebanyak dua kali, yaitu pertama pada lokasi sekarang ini , dan kemudian berpindah kearah utara dilokasi yang bernama Mopusi sekarang Perkebunan, namun karena tidak aman karena banyak penduduk meninggal akibat penyakit malaria, mereka berpindah lagi kelokasi semula (yang sekarang ini ) Yaitu Desa Tolondadu sampai pada saat sekarang ini,dan Nama tersebut masih dipertahankan. Dari Tahun 1905 yang pernah mejadi Kepala Desa ?Sangadi sebagai berikut :

1.    Temey Kusuma
2.    Temey Granse
3.    Temey Ratu Kandow
4.    Mutu Moyongo
5.    Temey Buinga Gobel
6.    Halipa Musa
7.    Temey Barsan
8.    Fatra Gobel
9.    Bilondatu Gobel
10. Lahabu E
11. Duni Gobel
12. Bunsal
13. Temey Adaria
14. Temey Karimu

 
15. A.Nupulo
16. A.F Lanuu
17. Mansur Lahadi
18. Anis Balango
19. A.Aliu
20. Martha Tontoli
21. R.D Rauf
22. Gufran Uloli
23. Sudirman Pulumai
24. Kaharudin Lantuka
25. Aswin Lamutu
26. Rusman Baeda
27. Ramang Pulumoduyo


Kemudian pada tahun 2004 Desa Tolondadu Dimekarkan menjadi 3 Desa Yaitu Tolondadu I dan Tolondadu II masing – masing dikepalai Oleh Sangadi Tolondadu I “SAINI ULOLI” dan Tolondadu II “IBRAHIM TULIABU” dan Sekarang Desa Tolondadu Kepalai Oleh Sangadi “RAMANG PULUMODUYO”.
Penduduk Desa Tolondadu adalah Suku Bolango tapi sekarang ini penduduk yang ada Mayoritas Suku Gorontalo dengan agama yang dianut adalah Agama Islam.

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger