MOMALIA DUA

Sejarah Desa

Berdasarkan riwayat sejarah desa Momalia II bahwa desa Momalia II adalah hasil pemekaran dari desa Momalia (Momalia induk). pada tahun 1995 sangadi desa Momalia DJ. B. Ointu mengajukan pengusulan pemekaran desa dan didukung oleh tokoh-tokoh masyarakat desa yang dimekarkarkan. Pada waktu itu ada dua desa yang diusulkan sekaligus untuk dimekarkan, yaitu desa Momalia II yang kedudukannya berada di dusun V (Momalia Kiki) dan desa Momalia III berkedudukan didusun I (Lowoo).
Setelah melalui beberapa Proses pengajuan tersebut, maka pada bulan mei 1996 ditetapkan menjadi desa persiapan. Desa Momalia II dengan penjabat sangadi desa persiapan yakni bapak Rustam Mokoagowdengan semangat yang membara, rakyat dan pemerintah yang terbentuk, melaksanakan pembangunan dengan sungguh-sungguh dan  terencana. Akhirnya dengan perjuangan ini maka pada bulan afril tahun 1997 pengesahan desa persiapan desa Momalia II menjadi desa yang definitif dan menetapkan kembali bapak Rustam Mokoagow sebagai sangadi desa momalia II, dimana dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun yaitu pada tahun 1998 dilaksanakan pemilihan sangadi yang definitif. Calon sangadi terpilih Rustam Mokoagow sebagai sangadi yang pertama mulai dari pejabat sangadi desa persiapan. Selanjutnya pada bulan juni tahun 2005 kembali melantik pejabat sangadi Momalia II, yakni bapak Alyudin Lahay. Kemudian pada bulan September tahun 2007 dilaksanakan pemelihan kembali sangadi yang definitif dengan calon sangadi yang terpilih adalah Talha Alamri dan dilantik pada bulan November 2007 sangadi desa momalia II yang definitif hasil pemilihan.
Keberhasilan pembangnan di desa Momalia II setelah menjadi desa yang definitif tidak terlepas dari peran dan kesanggupan para sangadi yang silih berganti hingga saat  ini. perkembangan pembangunan signifikan dengan kebutuhan masyarakat desa momalia II diantaranya terjadinya dusun dari dua dusun menjadi 4 dusun.
Adapun sangadi-sangadi yang pernah memimpin dan perlu mendapat catatan tinta emas di hati sanubari rakyat desa momalia II, dengan masa periode kepemimpinan adalah sebagai berikut.
NO.NAMA SANGADIPERIODE
1Rustam MokoagowMei 1996 s/d juni 2005
2Alyudin LahayJuni 2005 s/d November 2007
3Talha AlamriNovember 2007 s/d 2013
4Talha AlamriJanuari 2013 s/d Sekarang
5Talha Alamrijanuari 2014 s/d sekarang

Demikianlah sejarah singkat desa Momalia II, Semoga dengan adanya proses yang cukup panjang tersebut serta perjuangan yang dilakukan oleh para pihak yang turut berpartisipasi demi berdirinya desa yang kita cintai ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi kita khususnya masyarakat yang ada di Momalia II, terutama dalam hal memajukan pembangunan desa dari yang baik menjadi lebih baik lagi.

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger