MILANGODAA BARAT

Sejarah Desa

Milangodaa Barat mekar dari Desa Milangodaa pada Tahun 2004 dengan dipimpin oleh Kepala Desa yang bernama DARWIS KUYO. Penduduk desa milangodaa Barat berasal dari daerah GORONTALO yaitu dari Daerah Talaga, Suwawa, dan Limboto dimana jumlah penduduk wilayah pada waktu itu hanya 80 KK. Bupati Bolaang Mongondow yang meresmikan Desa Milangodaa Barat adalah Ny. Ha. MARLINA MOHA SIAHAAN yang merupakan Bupati Bolaang Mongondow pada waktu itu.
Sebelumnya penduduk Desa Milangodaa Barat mendiami daerah yang disebut KAMPUNG LAMA (Dusun III) dan merupakan Daerah MUARA SUNGAI. Pada masa Pemerintahan Kepala Desa DARWIS KUYO, Pemerintah Desa berpusat di KAMPUNG BARU (Milangodaa). Pada Tahun 2004 pada masa Pemerintahan Kepala Desa Yang bernama DARWIS KUYO, Desa MILANGODAA BARAT resmi di mekarkan dari Desa Milangodaa dengan jumlah KK pada saat itu berjumlah 80 KK yang dibagi dalam 4 (empat) Dusun, Dengan Pusat Pemerintahan Desa kembali lagi ke Daerah Kampung Lama. Peresmian Desa MILANGODAA BARAT di lakukan pada tanggal 27 Desember 2004 oleh Hj. MARLINA MOHA SIAHAAN yang merupakan Bupati Bolaang Mongondow Pada waktu itu. Dan beliau juga Melantik BAKRI DALI sebagai Kepala Desa Milangodaa Barat yang pertama.
Jabatan Kepala Desa yang dipegang oleh Bapak BAKRI DALI sekitar 4 (Empat) bulan, dikarenakan beliau Meninggal Dunia maka Jabatan Kepala Desa tersebut kemudian di alihkan pada SUDARSO TUADINGO yang pada waktu itu menjabat sebagai Sekretaris Desa. Setelah di adakan Pemilihan langsung Kepala Desa oleh Masyarakat Pada Tahun 2005, Maka terpilihlah Kepala Desa yang bernama SYAFRUDIN ABAS sebagai Kepala Desa Baru yang menjabat sampai sekarang.
Asal Nama Milangodaa
Nama Milangodaa berasal dari bahasa GORONTALO yang berarti MUARA BESAR. Dimana pada waktu Daerah ini masih bernama Kampung Lama,terjadi Bencana Banjir Bandang yang besar dan menyebabkan Muara Sungai yang berada di wilayah tersebut menjadi melebar dan membesar. Dari sinilah nama MILANGODAA terbentuk.

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger