DESA TOROSIK

Sejarah Desa

ASAL USUL LEGENDA DESA
Desa torosik adalh jelmaan dari nama desa pertama yaitu desa “TOGOP” yang artinya berasal dari nama kayu yang memiliki getah yang unik.getah ini sangat lengket dan bias di gunakan untuk menjerat berbagai jenis burung.
Awal mula terjadinya desa torosik adalah atas prakarsa dari lima belas orang yang diketahui oleh bapak O..L.MOKOAGOW (OSEN MOKOAGOW) yang ketika itu bapak osen mokoagow baru menyerahkan jabatan sebagai sangadi desa tobayagan padatahun pada tahun 1952.dalam bebas tugas sebagai sangadi beliau berkeinginan untuk membuka perkebunan dilokasi rata “TOGOP’’ atau desa torosik sekarang,areal perkebunan tersebut masih merupakan areal wilayah perkebunan desa tobayagan pada waktu itu.
Seiring perjalanan waktu,dari lima belas kepala keluarga awalnya membuka kebun rata togop tersebut pada akhirnya lama-kelamaanpun bertambah masyarakat yang datang untuk O.L.MOKOAGOW untuk menjadikan perkebunan togop dijadikan sebagai pemukiman atau sebuah desa, dan akhirnya O.L MOKOAGOW mengundang kepala-kepala keluarga yang  berkebun di rata togop tersebut untuk merembung agar bagai mana lokasi perkebunan ini dijadikan sebagai pemukiman atau desa, dan usulan ini serentak di sepakati dan kemudian di tindak lanjuti  dan permohonan dalam bentuk REKES/ SURAT yang di tujukan kepada bupati kepada daerah tingkat II bolaang mongondow, melalui asisten wedana atau pengulu dalam sebutan sekarang CAMAT,di tolotoyon kecamatan pinolosian induk sekarang.
Atas berkat usaha dan do’a serta perjuangan dari mereka-mereka tersebut dibawah ini sehinggah terbentuklah sebuah pemukiman baru atas persetujuan bupati Dati II bolmong saat itu bpk. Y.C.MONOPPO. adapun pendiri desa torosik saat itu adalah :
  1. L.MOKOAGOW (sebagai ketua)
  2. HUSNA THALIB
  3. MANGULA PODOMI
  4. LANGKU PODOMI
  5. TAHA PODOMI
  6. OSI’ PODOMI
  7. LANGKE PODOMI
  8. KALENDANG MOKOAGOW
  9. ARSYAD THALIB
  10. MO’ULA PODOMI
  11. MUIS MOKOAGOW
  12. AYUB THALIB (pemula)
  13. BARENG PODOMI (pemula)
  14. UNGKEL PODOMI (pemula)
  15. ALBASRI MOKOAGOW (pemula)

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger