DESA TONALA

Sejarah Desa
Penduduk Desa Tonala berasal dari desa Meyambanga yang tepatnya adalah desa pemekaran, yang awal wilayah dusun II dan dusun III Desa Meyambanga. Kemudian warga masyarakat yang berada di kedua dusun tersebut mengadakan musyawarah bersma dengan Badan Perwakilan Desa dan Pemerintah Desa pada waktu itu untuk merencanakan Pemekaran Desa Meyambanga menjadi 3 (tiga) Desa. Setelah beberapa kali perundingan maka disepakati bahwa, Dusun II dan Dusun III berdiri menjadi Satu Desa dan diberi nama DESA TONALA.
Asal Kata Nama Tonala
Adapun nama desa Tonala di ambil dari sejarah orang – orang tua kampung yang ada di wiliayah ini. Konon di wilayah ini tumbuh sebatang pohon besar yang bernama Pohon Tangalo. Pohon tersebut tumbuh subur dan rindang yang boleh masyarakat pada waktu itu dianggap keramat, sehingga oleh orang – orang tua pada waktu itu dijadikan basis pertahanan untuk melawan atau mengusir para penjajah yang datang ke wilayah ini.
Desa Tonala terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bolaang Mongondow Nomor 104 Tahun 2006 tertanggal 4 Juli 2006 diresmikan pada tanggal 2 agustus 2006 oleh Bupati Bolaang MongondowDra. Ny. Marlina Moha Siahaan sekaligus melantik BURHAN BOTUTIHE sebagai Pejabat Sangadi Desa Tonala yang pertama.
Selang beberapa bulan kemudian berubahlah status Desa Persiapan menjadi Desa Defenitif dan diresmikan pada Tanggal 11 Mei 2007.
Saat ini masyarakat Desa Tonala yang dibawah kepemimpinan pejabat Sangadi, telah melaksanakan berbagai kegiatan Pemerintahan, Pembangunan Dan Kenasyarakatan dan sedang dalam pembenahan sebagaimana layaknya Desa – desa lainnya yang ada di Kecamatan Posigadan pada umumnya.

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger