DESA MATAINDO

Sejarah Desa

    Asal Usul Legenda Desa
Desa Mataindo merupakan salah satu Desa yang sudah cukup tua diwilayah kecamatan Pinlosian Tengah, yang sebelumnya merupaka wilayah Kecamatan Pinolosian Barat, kemudian dimekarkan dan sudah termasuk dalam wilayah Kecamatan Pinolosian Tengah.
Sejak awal Desa ini berdiri dibawah kepemimpinan Sangad Bapak Abdul Latif Gonibala, dan selanjutnya sudah terjadi beberapa kali kepemimpinan, Desa ini beridiri sejak tahun 1942.
Letak wilayah Desa Mataindo sekarang ini, yakni sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Lolayan, sebelah selatan berbatasan dengan laut Maluku, sebelah barat berbatasan dengan desa Lungkap kecamatan Pinolosia Induk dan sebelah timur berbatasan dengan desa Torosik.
Dan pada tahun 2012 tepatnya tanggal 20 Desember 2012, Desa ini dimekarkan menjadi dua Desa yaitu Desa Mataindo induk dengan Desa Mataindo Utara. Oleh bapak bupati Bolaang Mongondow Selatan [H.Herson Maiyulu Sip].
Desa Mataindo Induk berada disebelah selatan ara Laut Maluku yang Penduduknya berjumlah 595 jiwa dan jumlah kepala keluarga 153 sejak Tahun 2013.

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger