DESA LUWO'O

Sejarah Desa

  1. SEJARAH DESA LUWOO
Untuk melihat latar belakang Sejarah Desa Luwoo dapat ditinjau dalam dua priode, yaitu Priode sebelum Definitip dan sesudah  Definitip.
  1. Periode Sebelum Definitip
Pada tahun 1992 Luwoo di datangi oleh 3 (tiga) orang untuk membuka perkebunan. Sebelah barat dikuasai oleh Kadera Bulupu Nelo alias Bapu Konoo yang merupakan anak emas dan seorang pemburu dari Raja Bolango Polopa Van Gobel. Bagian tengah dikuasai oleh Teme Tekulu dari Gorontalo dan bagian timur dikuasai oleh Teme Talena Ointu dari Molibagu.Ketiga orang sepakat memberikan nama Luwoo yang memiliki arti “Hol” atau “Teluk”. Pada waktu itu Luwoo terbagi 2 (dua) yaitu Luwoo Kiki dan Luwoo Daa yang artinya Hol Kecil dan Hol Besar.
Wilayah Pemerintahan Luwoo pada waktu itu berkedudukan di Pilolahunga dan Sangadinya (Kepala Desa) adalah Teme Asmina yang berada di wilayah Bolaang Uki. Pada tahun 1937 Pemerintahan Pilolahunga di pindahkan ke  Momalia dan Sangadinya (Kepala Desa) adalah Hulawa Gobel. Pada tahun 1952 datang penghuni dari desa Monano yaitu keluarga Kamaru bersaudara. Pada tahun tersebut Luwoo dibentuk jadi satu dusun yaitu dusun III Momalia dan kepala dusunnya yaitu Mandow Kamaru sementara Sangadianya (Kepala Desa) adalah M. Pakaya bertempat di Momalia. Pada tahun 1962 terjadi pergantian Sangadi (Kepala Desa) Momalia menjadi Teme Djasi begitu juga dengan Kepala Dusun Luwoo diganti dengan Hasan Mooduto yang berakhir pada tahun 1987.
  1. Periode Sesudah Definitip
Pada tahun 1988 Kepala Dusun  Luwoo diganti lagi dengan Muhammad Pakaya sampai dengan tahun 1995. Kemudian pada tahun 1996 Dusun III Momalia di bentuk menjadi Desa persiapan dengan nama Momalia III Kec. Bolaang Uki dengan dipimpin Oleh Sangadi (Kepala Desa) PJS yaitu Yusuf Mooduto. Pada tahun 1997 Desa Luwoo menjadi Desa Definitif yaitu sudah menjadi Desa Luwoo Kec. Bolaang Uki dan telah diadakan pemilihan Sangadi (Kepala Desa). Waktu itu yang mencalonkan diri sebagai Sangadi (Kepala Desa) adalah Arjon Ajim dan Yusuf Mooduto, dan yang terpilih adalah Yusuf Mooduto.
Pada tanggal 23 Januari 2003, Desa Luwoo Kec. Bolaang Uki berubah statusnya menjadi Desa Luwoo Kec. Posigadan Kab. Bolaaang Mongondow. Pada tahun 2004, Sangadi (Kepala Desa) Desa Luwoo Yusuf Mooduto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sangadi (Kepala Desa) dan diganti oleh Kaur Pemerintahan  bernama Hamzah Kamaru sebagai PJS.
Kemudian pada tanggal 10 Agustus 2007 dilaksanakan PILKADES dengan 3 calon yaitu, Raston Mooduto, Spd.,Tisna Ma’sum, Ribroto Misilu dan yang terpilih adalah Tisna Ma’sum. Sangadi (Kepala Desa) terpilih dilantik pada tanggal 5 Desember 2007 di Kotamobagu, Bolaang Mongondow dan pada tanggal 7 Februari 2008 diadakan serah terima jabatan antara PJS Hamzah Kamaru dengan Sangadi (Kepala Desa) terlantik Yaitu Tisna Ma’sum periode 2007-2013.
Kembali lagi pada tanggal 17 Desember 2013 diadakan PILKADES dan yang mencalonkan diri sebagai Sangadi (Kepala Desa) yaitu  Raston Mooduto, Spd. dan Tisna Ma’sum. Dan yang terpilih adalah Tisna Ma’sum dengan periode 2014 s/d 2020. Sangadi (Kepala Desa) terpilih dilantik pada bulan Januari 2014 dan bertugas sampai sekarang.

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger