DESA LION

Sejarah Desa

Asal penduduk Desa Lion, berasal dari daerah Gorontalo kususnya dari Bolango – tapa, di bawah pimpinan seorang yang bernama Volapa van Gobel alias Timbi Mitu pada abad ke XVI – 76 tepatnya pada tahun 1582.
Mereka tinggal di Desa Lion selama beberapa puluh tahun lamanya, hingga masih sempat membuat sebuah rumah khusus yang disebut mahligai ( dalam bahasa Gorontalo malihe ) yaitu sebuah rumah besar sebagai tempat tinggal dari raja ( Polapa van Gobel ) serta membuka lahan pertanian di Ulu Lion yang lokasi tersebut di beri nama : Huliya.
Huliya dalam bahasa Gorontalo berarti : rahasia, artinya tempat tersembunyi dan di rahasiakan, sebab pada saat itu merajalelanya bajak laut yakni orang-orang Loloda dan Mangginano. Sehingga masyarakat bersembunyi dilokasi tersebut untuk menghindari bajak laut.
Kemudian rombongan dari Polapa van Gobel ini meneruskan perjalanan menuju kearah timur hingga sampai di Molibagu dan sebagian dari mereka yang tidak ikut lagi meneruskan perjalanan untuk menetap di Desa Lion dan mereka itulah yang kemudian berkembang menjadi penduduk desa lion sampai dengan sekarang ini.
Karena perkembangan penduduk dan lahan pertanian yang di buka semakin luas, akhirnya menjadi sebuah wilayah pemukiman. Rakyat masih dipimpin oleh seorang Punggawa ( kepala kolompok ).
Selama kurang lebih III abad lamanya yaitu setelah berdirinya kerajaan Bolaang Uki barulah terbentuk Desa lion dengan seorang Kepala Desa/Sangadi yang pertama bernama : Luapo yang memerintah sejak dari tahun 1886 s/d 1890.
Desa Lion berasal dari kata : KATURLIYO dalam bahasa Bolangotapa dan TULIYO dalam bahasa Gorontalo. Kata KATURLIYO ( dalam bahasa Bolango – Tapa ) atau TULIYO dalam bahasa Gorontalo, tidak mempunyai arti. Kata tersebut hanya diambil dari suara burung : TULIYO.
Pemberian nama LION tersebut bermula pada saat rombongan dari Polapa van Gobel ini tiba Desa Lion pada waktu menjelang malam dan tiba-tiba dalam keadaan yang sunyi itu terdengar suara seekor burung yang berbunyi TULIYO. Lantas tempat ini mereka namakan LIYO. Dan kemudian menjadi LIYON, dan pada tahun 1974 berubah menjadi LION.

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger