WISATA KE BOLSEL

Mau Wisata Unik? Yuk, ke Bolsel
POTENSI wisata alam maupun bahari di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) begitu besar. Dari data yang dirilis Badan Kordinasi Perencanaan dan Pengembangan Penanaman Modal (BP3M)
menunjukkan ada 9 tempat wisata di kabupaten Bolsel yang bisa diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional. Tempat wisata tersebut antara lain berada di Kecamatan Bolaang Uki, berupa Tempat Wisata Tanjung Panango, Wisata Alam Binolantungan, Wisata Pelabuhan Alam Dudepo, Wisata Alam Pemandangan Batu karat.

Tak hanya di kecamatan Bolaang Uki saja, kecamatan Pinolosian, juga memiliki beberapa tempat wisata yang unik, antara lain wisata alam Dami, Torosik, penangkaran burung Maleo, wisata bahari Pulau Lampu, wisata pantai Taman Hiu.

Sementara di Kecamatan Posigadan, ada wisata alam Goa Paniki Lion. Menurut Prof. Dr. Ir Charles Kepel, DEA yang menjadi narasumber pada kegiatan BP3M, Selasa (10/04/2012) di Molibagu, potensi wisata yang ada di Bolsel perlu dimaksimalkan, dengan adanya investasi serta perbaikan infrastruktur di tempat wisata yang ada. “Semua tempat wisata di Bolsel sangat berpotensi di tingkat internasional, ini sangat baik jika ada yang berinvestasi mengembangkan tempat-tempat wisata tersebut serta ada perhatian dari pemerintah untuk melengkapi infrastrukturnya.” ujar Keppel.

Keppel juga menuturkan ada tempat wisata unik di Bolsel, yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia yaitu tempat wisata Pantai Taman Hiu, “Saya sangat tertarik dengan tempat wisata Pantai Taman Hiu, ini jarang ada di indonesia, mungkin di beberapa negara di dunia ada, tapi hanya ada beberapa. Nah! wisata pantai Taman Hiu di Bolsel ini sangat layak untuk dijual.” tuturnya.

Ia berharap, pemerintah dan investor bisa lebih memperhatikan potensi wisata yang ada di Bolsel, karena sejauh ini potensi yang ada kurang dimaksimalkan.”Saya berharap ini menjadi perhatian pemerintah agar pengembangan potensi wisata bisa dimaksimalkan.” tandasnya.(***/adnan)

Lokasi Wisata Unik di Kabupaten Bolsel:
T E M P A TNAMA OBJEK WISATAJARAKKETERANGAN
Kec. Bolaang Uki

Pantai Tanjung Panango

7 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Pantai Salongo / Binolantungan6 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Pelabuhan Alam Dodepo6 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Goa Paniki Lion4 Km dr KecamatanObyek Wisata Alam
Pemandangan Batu Karang6 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Pulau Tiga / Spot Medilves6 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Air Terjun Biniha15 Km dr KecamatanObyek Wisata Alam
Kec. PinolosianPantai Dami4 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Pantai Torosik3,2 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Penangkaran Burung Maleo4,8 Km dr KecamatanObyek Eko Wisata
Pantai Pulau Lampu4,2 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Pantai Taman Hiu4 Km dr KecamatanObyek Wisata Bahari
Sumber: Disparbud Prov. Sulut

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO

Dibalik Rahasia Trader Swinger