Dibalik Rahasia Trader Swinger


Apa yang membuatmu ingin mengetahui hal ini ?
Sebatas rasa penasaran atau memang sekedar ingin membandingkan teknikmu saja ?
Sudah pernah aku singgung jauh sebelumnya, bahwa teknik trading tak ada yang sempurna 100 %, tapi jika kamu masih memaksa untuk tetap membaca, baiklah akan aku lanjutkan cerita ini.

Dalam seminggu (5 hari market buka), ada satu hari atau satu malam sebagai titik penentu pembalikan trend mingguan, bisa jadi rabu malam, hingga jum'at malam. Tidak bisa di pastikan secara spesifik, karena karakter setiap pasangan pair tidak ada yang sama. Untuk mempelajarinya silahkan buka chart di TF H4 saja. Amati setiap pair, akan selalu berbeda penempatannya.

Sebagai trader swinger, yang di cari hanyalah OP di saat dia mulai menemukan tanda-tanda perubahan trend di batas support atau resistance yang dia yakini. Semisal rabu malam candle H4 berada di batas garis support / resistance, maka saat itulah trader tersebut Open Posisi. Dan setidaknya akan keluar market setelah profit di minggu berikutnya. Untuk memudahkan pemahaman, lihatlah contoh chart di atas:

Lingkaran hitam di gambar atas berarti ciri-ciri pembalikan trend secara candlelistik,jika seperti contoh chart di atas, terjadi di pertengahan minggu (bisa rabu, kamis atau jum'at sekalian). Ada penolakan / ekor panjang, yang biasanya pertanda trend akan berubah. Setelah tampak candle semacam itu, maka itu adalah saat OP para trader swinger. Bisa di gantikan dengan pasang PO di batas support / resistance yang sesuai dengan analisamu (jika berharap dapat ujung / pucuk).

Untuk lingkaran merah di atas, juga boleh di coba, tiap hari senin OP sesuai kelanjutan arah trend minggu kemarin (trend lanjutan), jika memang di minggu kemarin sudah diketahui ujung pergantian trend terlebih dahulu. Hanya saja, jika ingin menjadi trader swinger tidaklah mudah karena kategori jenis trader yang harus (wajib) memiliki ketahanan modal yang lumayan kuat, itu karena mereka rata-rata trading tanpa SL / hedging, dan terbiasa sabar dengan floating minus hingga ribuan point (broker 5 digit).

Pemilihan kondisi pair juga berpengaruh, jika trend terlalu kuat biasanya dalam 1 minggu belum tentu ada indikasi pembalikan trend yang valid. Sebatas saran, carilah kondisi pasangan pair yang cocok buat teknik ini, karena hanya OP seminggu 1 kali biasanya, serta punya keyakinan kuat terhadap arah analisanya. Trader swinger berbisik lirih: "agak condong mengarah ke pivot mingguan atau pivot bulanan arah trendnya".

Popular posts from this blog

TOLONDADU SATU

SEJARAH SINGKAT DESA DUDEPO